Home   Parenting   SOLUSI JITU MENGHADAPI ANAK MALAS BELAJAR

SOLUSI JITU MENGHADAPI ANAK MALAS BELAJAR

Anak malas belajar merupakan masalah yang peling sering dihadapi orang tua. Ada banyak factor yang mempengaruhi anak menjadi malas untuk belajar seperti anak lebih suka bermain, menonton televisi atau aktivitas lainnya selain belajar. Anak yang malas belajar selalu beranggapan belajar adalah kegiatan yang tidak menyenangkan. Ini adalah PR bagi para orang tua agar kegiatan belajar merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak, sehingga anak memiliki daya juang dan antusias yang besar dalam belajar. Berikut solusi jitu untuk menghadapi anak malas belajar :

  1. Reward
    Bagi orang tua yang bingung tentang cara membujuk buah hatinya agar mau belajar, reward adalah cara yang cukup ampuh. Anda dapat menawarkan hadiah jika sang anak berhasil meraih nilai yang baik dikelas. Dengan begitu anak akan menjadi lebih bersemangat dan tidak malas belajar lagi.
  2. Dampingi anak belajar
    Dengan selalu mendampingi anak ketika belajar, anak akan menjadi merasa lebih diperhatikan oleh orang tuanya. Hal ini akan mempengaruhi psikologi anak dan mendorong dirinya untuk semangat belajar. Biasakan untuk mengajari anak dengan penuh kesabaran dan ciptakan suasana menyenangkan agar tidak membosankan.
  3. Jadilah orang tua yang sabar dan tidak emosional
    Ketika mengajarkan seorang anak untuk menyelesaikan tugas sekolahnya, jangan memarahinya. Memarahinya hanya akan membuat anak menjadi merasa kapok dan enggan untuk belajar lagi.
  4. Beli buku dengan hiasan yang menarik
    Belilah buku-buku yang dapat menggugah selera belajar anak. Misalnya, jika buah hati anda menyukai tokoh kartun spiderman, maka yang perlu anda lakukan adalah membeli perlengkapan sekolah dengan motif tokoh kartun tersebut. dengan begitu anak akan mudah tergugah untuk selalu belajar.
  5. Ciptakan suasana belajar sambil bermain
    Untuk mencegah kebosanan dan mencuri waktu bermain buah hati untuk belajar. Sebagai contoh, belilah mainan yang memiliki nilai edukasi seperti balok susun yang diurutkan huruf alfabet dan jenis mainan ini. hal ini cukup ampuh untuk melatih daya ingat anak dalam menghafal huruf alfabet.
  6. Game edukasi
    Bagi anak yang fanatik dengan game, anda dapat mengunduh berbagai jenis game edukasi yang saat ini banyak tersedia di google playstore. Dengan memanipulasi belajar dalam versi game seperti ini, anak akan merasa bermain padahal dirinya juga belajar. Trik ini sudah banyak digunakan dan banyak orang tua yang mengakui trik ini sebagai salah satu trik ampuh untuk membuat anak menjadi semangat belajar.

Demikian ulasan tentang solusi jitu mengatasi anak malas belajar yang dapat anda terapkan dirumah. Jika anak sudah meyukai belajar di rumah, tidak menutup kemungkinan ia juga senang untuk belajar di sekolah. selamat mencoba!

www.nitips.com/ibudananak

 

Share