Home   Article   “Harmoni Komunikasi Positif Pendidik Menstimulasi Karakter Anak”

“Harmoni Komunikasi Positif Pendidik Menstimulasi Karakter Anak”

Sesi terakhir seminar parenting di SDK10 tahun ajaran 2014/2015 berakhir sudah. Pada tanggal 28 Maret 2015 yang lalu, seminar dan diskusi singkat yang bertema “Harmoni Komunikasi Positif Pendidik Menstimulasi Karakter Anak” melibatkan orangtua peserta didik dari kelas 1 hingga kelas 6. Selaku pembicara adalah Ibu Gerda K. Wanei, M.Psi., praktisi pendidikan di Universitas Katholik Atma Jaya Jakarta.
Dalam seminar, beliau menyampaikan beberapa karakteristik orang tua selaku pendidik yang menghambat kreativitas anak. Diantaranya adalah anggapan bahwa : pendidik selalu benar dan mahatahu, belajar dengan hafalan, cara mengajar mekanistis, dan evaluasi eksternal (orangtua/guru).
Tips dari Beliau, untuk menciptakan komunikasi yang harmonis, orang tua sebagai pendidik berperan untuk : tidak banyak mengkritik, belajar berpikir positif, membina relasi harmonis dengan anak, tidak memaksakan kehendak, tidak banyak menuntut, menghindari penilaian eksternal, tidak banyak memberikan ancaman, memberi kepercayaan kepada anak, dan menghargai pendapat, pola pikir, serta pembicaraan anak. @D10 Publishing Team

 

Share